Gejala Awal Kanker yang Harus Diwaspadai

gejala awal kanker

Kanker merupakan penyebab kematian ke dua terbanyak di dunia. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui gejala awal kanker yang harus diwaspadai.

Terdapat 15 gejala yang dapat menjadikan pertanda kanker dan harus diwaspadai, terutama jika itu terjadi secara terus menerus.

Penyakit ini terjadi akibat pertumbuhan sel abnormal yang dapat menyerang siapa saja dan tidak pandang usia mulai  dari anak, orang dewasa, bahkan lansia.

Terdapat berbagai jenis kanker, tergantung sel tubuh yang mengalami kerusakan.

Pasalnya, setiap jenis penyakit kanker bisa menimbulkan gejala yang berbeda-beda. Berikut merupakan gejala-gejala utama penyakit kanker.

Gejala Awal Penyakit Kanker:

1. Berat badan turun secara drastis

Gejala awal penyakit kanker ialah turunya berat badan secara drastis tanpa sebab.

Seperti yang dikatakan Cancer Research UK terdapat sekitar 60 dari 100 orang yang terkena penyakit kanker mengalami kehilangan nafsu makan dan berat badan menurun.

Pada umumnya penurunan berat badan terjadi pada orang yang terkena kanke esofagus, kanker perut, kanker pankreas, atau organ lain yang berada pada saluran cerna.

Dan orang yang terkena kanker tulang cenderung memiliki tubuh yang mudah lelah dan berat badannya turun secara drastis tanpa alasan yang jelas.

2. Tubuh mudah lelah

Selain itu gejala awal penyakit kanker ialah tubuh mudah lelah. Gejala  kelelahan pada umumnya muncul saat sel kanker mulai tumbuh dan menyebar ke dalam tubuh.

Namun, pada pasien luekemia, hal ini bisa menandakan gejala awal penyakit.

Beberapa jenis kanker meraangsang pelepasan protein yang dikenal juga sitoki. Protein ini yang membuat tubuh kalian mengalami kelelahan.

Sel kanker yang melemahkan otot juga bisa menyebabkan kelelahan dan juga mengubah kinerja hormon, dan mengurangi fungsi organ tubuh sehingga menguras lebih banyak energi.

Selain itu, kelelahan parah juga bisa terjadi karena efek samping dari pengobatan kanker, seperti kemoterapi dan radioterapi.

3. Demam

Demam menjadi gejala awal kanker yang perlu diwaspadai. Ketika orang didiagnosis kanker darah, sepert luekemia atau limfoma (keanker kelenjar getah bening) sering kali demam sebagai tanda gejala awal.

Namun, demam juga bisa menjadi awal pertanda bahwa sel kanker mulai menyebar ke jaringan tubuh lain.

Gejala tumor ganas ini bisa muncul dan menghilang, tetapi berlangsung dalam jangka panjang.

4. Batuk berdarah

Ketika orang terkena kanker paru mereka akan mengalami batuk secara terus menerus dan semakin buruk dari waktu ke waktu.

Bahkan terkadang, batuk tersebut disertai keluarhnya darah. Tentunya hal itu menjadi gejala awal penyakit kanker.

Kondisi yang kalian alami juga bisa terjadi dengan nyeri pada dada.

Kanker tenggorokan juga memiliki gejala yang serupa, terutama gejala dalam bentuk masalah pernapasan seperti suara serakdan radang tenggorokan.

5. Rasa nyeri pada tubuh

Rasa nyeri pada tubuh merupakan ciri-ciri penyakit kanker tulang atau kanker testis.

Nyeri punggung juga bisa menandakan sel-sel kanker terlah bermetastasis atau menyebar ke jaringan sehat lainnya, hal itu terjadi pasa kanker ovarium atau kanker kolorektar.

Namun, orang yang mengalami penyakit kanker otak memiliki rasa nyeri pada area sekitar kepala yang umumnya sulit disembuhkan.

Kondisi ini tentunya bisa membaik setelah minum obat untuk pereda nyeri, namun tidak menutup kemungkinan penyakit tersebut bisa kambuh kembali.

Baca artikel lainnya: Cara Mencegah Kanker Tiroid dengan Melakukan Ini

6. Sulit menelan

Kesulitan menelan merupakan ciri-ciri gejala kanke esofogus atau kerongkongan yang paling umum karena kesulitan menelan.

Mungkin gejala satu ini dialami hanya sesekali saja. Namun, cepat atau lambat gejala tersebut bisa memburuk dikarenakan saluran kerongkongan bisa menyempit akibat kanker.

Gejala ini tentunya busa membuat nafsu makan berkurang sehingga menyebabkan berat badan turun secara drastis.

7. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan bisa menjadi salah satu gejala awal kanker lambung.

Biasanya mereka yang terkena penyakit kanker lambung bergejala, mulas, mual dan muntah-muntah.

Tak hanya itu saja, pada gejala lain perut yang akan cepat kenyang meski baru makan sedikit, tidak nafsu makan, dan menurunnya berat badan juga perlu kalian perhatikan.

Lalu untuk penyakit kanker kolorektal yang menyerang usus besar dan rektum, memiliki ciri khas diantaranya diare, sembeli, atau feses berdarah yang berkepanjangan.

8. Perubahan warna kulit

Gejala awal penyakit kanker lainnya adalah terjadinya perubahan warna kulit yang bisa menyerang sel kulit.

Gejala ini dapat kalian lihat dan rasakan dengan mata. Perubahan warna kulit biasanya ditunjukan dengan warna kuli yang cenderung lebih gelap, kulit dan mata menjadi kekuningan, kemerehanan dan juga menyebabkan rasa gatal tanpa sebab.

Pada penyakit kanker kulit biasanya menimbulkan gejala berupa luka yang tak kunjung sembuh.

Jenis kanker satu ini menimbulkan leukoplakia, yang merupakan bercak putih terkait dengan kanker mulut.

9. Benjolan atau tanda lain pada kulit

Gejala kanker kulit memiliki ciri-ciri yang paling bisa terlihat yakni timbulnya benjolan pada kulit.

Salah satunya tahi lalat yang tiddak normal juga bisa menjadi gejala kanker kulit.

Mungkin pada awalnya munculnya bintik hitam berkuran kecil, seiring waktu bintik tersebut akan berubah menjadi besar, kemerahan, dan terasa nyeri.

10. Pendarahan tidak lazim

Untuk kalian para wanita harus behat-hati terhadap gejala awal kanker satu ini yaitu pendarahan tidak lazin di luar menstruasi.

Terutama saat pendarahan di luar menstruasi dan disertai rasa nyeri.

Hal ini bisa jadi merupakan ciri-ciri dari kanker endometrium dan kanker serviks (leher rahim).

Terjadinya gejala tersbut bisa membuat siklus menstruasi jadi tidak normal dan berantakan. Kalian bisa mengecek siklus menstruasi dengan kalkulator masa subur.